3 cara memperbanyak ASI paling cepat namun mudah diterapkan

28 December 2015

Bagaimana cara memperbanyak ASI setelah melahirkan dengan menggunakan metode paling cepat namun sangat mudah untuk diterapkan oleh siapa saja. Cara ini saya tulis berdasarkan kisah nyata yang dulu pernah dialami langsung oleh istri saya pasca operasi caesar. Awalnya saya tidak ingin menulis kisah ini, namun karena banyaknya pertanyaan yang di ajukan ke saya maupun langsung kepada istri saya mengenai pengalaman saya tentang cara istri saya memperlancar ASI yang memang sebelumnya ASI istri saya susah keluar.

Hingga akhirnya kami kewalahan untuk menjawab satu persatu. Sekarang saya putuskan untuk menulis sebuah tutorial tentang cara memperbanyak ASI dan sekaligus untuk menjawab semua pertanyaan tersebut. Untuk itu saya mohon Anda untuk benar - benar membaca artikel ini sampai selesai, karena ini merupakan pengalaman yang sangat berharga.

Sebelum melanjutkan cerita ini perkenalkan nama saya Rengga Tama. Anak pertama saya baru lahir tanggal 29 Oktober 2015 kemarin. Kebetulan pekerjaan saya tidak terlalu banyak memakan waktu diluar rumah, sehingga masih punya banyak waktu luang untuk memberikan perhatian penuh terhadap si kecil. Kami selalu berharap yang terbaik untuk buah hati kami dengan harapan bisa memberikan ASI eksklusif, tapi sayang ASI yang keluar cuma sedikit sekali.

Lalu bagaimana cara kami memperbanyak ASI hingga istri saya bisa menyusui seperti seperti sekarang ini? Oke langsung saja simak kisah sederhana ini.

Inilah perjuangan panjang saya untuk mencari cara memperbanyak ASI

Sebagai seorang Ayah dulu saya merasa sedih karena melihat istri tidak bisa memberikan ASI yang cukup untuk anak pertama kami, sehingga saya harus terus berusaha memikirkan cara memperbanyak ASI yang benar benar bisa membantu kami. Maklum istri saya memang melahirkan dengan cara operasi caesar, yang konon katanya hal itu merupakan salah satu penyebab ASI tidak keluar, tapi entah itu pendapat yang benar atau salah yaa.

Tentu saja istri juga merasa sedih akan hal ini. Tapi saya terus memberikan dorongan dan motivasi sepanjang hari agar dia tidak menyerah dan selalu berjuang untuk memberikan yang terbaik buat masa depan si kecil.

Di malam hari pertama setelah pulang dari rumah sakit, putri kami menagis keras sekali, suhu badanyapun menjadi panas. Betapa paniknya kami saat itu. Anak terus menghisap ASI dari punting ibunya, tapi masih saja menangis karena lapar.

Hal itu terus berlanjut hingga malam semakin larut kondisi malah menjadi semakin parah. Badan anak saya sampai kejang kejang. Wow betapa semakin paniknya saya. Malam itu juga saya telepon rumah sakit tempat anak saya dilahirkan dengan harapan menemukan jawaban tentang cara memperbanyak ASI. Kata perawat atau bidan yang kebetulan malam itu jaga mengatakan bahwa itu semua tanda - tanda bayi kurang ASI. Ya, semua hal di bawah ini dialami oleh putri kami:

  • Selalu menangis walau setelah diberi ASI
  • Badan lemas dan tidak ada minat untuk menyusu
  • Selaput lendir di mulutnya kering
  • Kulitnya selalu tegang saat di cubit dengan lembut
  • Terkena penyakit kuning
  • Tangan dan kakinya mengejang

Meskipun begitu kami tidak ingin menyerah pada susu formula begitu saja. Mulailah saya mencari info di google tentang cara memperbanyak ASI (Mungkin sama seperti yang Anda lakukan saat ini). Saat itu saya mendapat penawaran ASI Booster Tea, yaitu sebuah produk pelancar ASI alami. Tapi saya tidak menghiraukanya. Paling hanya tekan Control D. "Ah ini cuma omongan si penjual jamu pelancar ASI seperti biasa" guman saya dalam hati waktu itu.

Hingga usia anak saya mencapai 45 hari kami belum menemukan cara memperlancar ASI yang benar - benar bisa membantu kami. Saat itu saya kedokter karena ada jadwal pemberian vaksin sekaligus untuk mengkonsultasikan masalah ini. Beruntung Dokter mengajarkan 3 langkah mudah untuk menambah pasokan ASI, dan 3 cara memperbanyak ASI tersebut yang saya terapkan hingga istri bisa berhasil menyusui anak.

Berikut ini ketiga cara tersebut :

Sediakan bahan untuk memproduksi ASI

Pada dasarnya tubuh ibu menyusui membutuhkan banyak sekali sumber nutrisi seimbang sebagai bahan untuk memproduksi ASI. Bila sumber nutrisi ini tidak dapat terpenuhi maka tubuh akan mengambil nutrisi cadangan dari dalam tubuh yang lama kelamaan akan habis dan hal ini bisa membuat kondisi ibu menjadi lemas.

Untuk itu agar tubuh bisa lancar mengeluarkan air susu ibu, maka terlebih dahulu kita harus sediakan bahan dasar yang digunakan untuk memproduksi ASI. Wajib bagi ibu menyusui untuk lebih memperbanyak jumlah asupan makanan yang memiliki gizi seimbang seperti daging, buah, dan sayuran. Anda bisa membaca artikel makanan pelancar ASI untuk menemukan jenis makanan apa saja yang bisa membantu kelancaran ASI.

Sesering mungkin melakukan stimulasi ASI

Cara memperbanyak ASI yang kedua adalah dengan melakukan stimulasi ASI. Pada dasarnya stimulasi ASI ini adalah merangsang keluarnya ASI. Dan menyusui adalah stimulasi kelancaran ASI terbaik yang pernah ada. Ibu tidak perlu khawatir akan kehabisan air susu karena terlalu sering menyusui bayi. Justru sebaliknya, semakin sering kita menyusui, maka semakin banyak ASI yang dikeluarkan oleh tubuh, karena tubuh menyesuaikan kebutuhan bayi.

Jika Anda termasuk wanita karir yang harus bekerja, maka Anda bisa memerahnya saat berada di kantor. Sebaiknya Anda selalu berusaha sebisa mungkin meluangkan waktu untuk memerahnya disela - sela waktu bekerja, karena ini adalah bagian dari salah satu cara memperbanyak ASI yang tidak bisa ditinggalkan. Kurangnya stimulasi bisa menyebabkan air susu ibu jadi tidak keluar.

Hindari pemberian susu formula, karena bayi akan enggan untuk minum ASI, jika bayi sudah terbiasa minum susu formula yang rasanya dibuat lebih gurih daripada rasa ASI. Selain itu kebutuhan bayi munum ASI akan berkurang, karena sudah kenyang munum susu formula. Ingat produksi ASI disesuaikan dengan kebutuhan bayi Anda.

Percepat dengan obat pelancar ASI

Lalu cara memperbanyak ASI yang ketiga ini kita bisa menggunakan bantuan obat pelancar ASI. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses keluarnya hormon ASI. Namun agar tidak menimbulkan efek samping yang buruk, maka sebaiknya kita memilih produk yang terbuat dari bahan herbal alami.

Kembali saya teringat pada website pelancar ASI yang menjual ASI Booster Tea beberapa hari yang lalu (untung waktu itu sudah tekan control D). Saya coba pelajari jauh lebih dalam lagi. Sambil cari informasi di Google tentang efek samping ASI Booster Tea serta komposisi yang di gunakan untuk membuat pelancar ASI tersebut.

Hingga akhirnya saya merasa yakin dengan produk tersebut karena terbuat dari bahan - bahan herbal alami seperti Fenugreek dan Fennel, dan setelah saya cari referensi di Google memang bahan - bahan tersebut terbukti secara klinis mampu memperbanyak ASI.

Sang pembuat produk ini juga seorang herbalist yang berpengalaman, sehingga racikanya pasti pas. Selain itu produk ini sudah banyak dibuktikan oleh ibu yang berhasil menyusui anaknya dan juga banyak kesaksian positif mengenai produk ini. Istri sayapun juga setuju untuk mencobanya. Langsung saja saya beli produk tersebut, agar segera bisa dikonsumsi.

Lalu bagaimana hasilnya?

Setelah kami mencoba menerapkan semua cara memperbanyak ASI di atas, ternyata ini sungguh hasil yang menyenangkan dan ini adalah hasil dari perjuangan kami selama ini. ASI bertahap mulai keluar setelah 3 hari menerapkan semua cara diatas. Yang semula hasil pumping maksimal cuma bisa sekitar 10 - 20 ml saat itu sudah mulai bisa mencapai 120 ml.

Betapa senangnya kami karena akhirnya bisa memberikan ASI eksklusif secara penuh walau disaat usia sudah hampir 2 bulan.

Intisari dari cara yang saya lakukan untuk memperbanyak ASI

  • Memperbanyak makan makanan dengan gizi seimbang sebagai sumber produksi ASI.
  • Sesering mungkin menyusui bayi, karena ini bisa menjadi stimulasi menyusui paling .
  • Lebih mantab jika minum ASI Booster Tea yang bisa merangsang lebih cepat pertumbuhan hormon yang penting untuk produksi ASI

Tentu saja semua cara memperlancar ASI diatas adalah satu - kesatuan yang harus dilakukan semuanya dengan niat yang sungguh - sungguh. Sebaiknya Anda jangan mudah menyerah dan semua pihak keluarga harus memberikan dukungan dan motivasi (terutama suami).        

Termotivasi dari cara memperbanyak ASI berdasarkan pengalaman ini dan sekaligus ingin membantu masalah ibu menyusui lainya, maka saya memutuskan untuk ikut mereferensikan obat melancarkan ASI yang sebelumnya sudah banyak membantu saya dalam memperbanyak ASI istri saya.

Dan ternyata menyenangkan sekali menjual produk ini. Banyak testimoni dari pelanggan - pelanggan saya yang merasa puas dengan ASI Booster Tea. Rasanya ikut senang bisa mendengar kegembiraan dari pelanggan.

Kalau kebetulan Anda saat ini memang sedang mencari cara memperbanyak ASI dan Anda juga tertarik dengan cara saya di atas maka tidak ada salahnya untuk mencoba seperti apa yang saya lakukan sebelumnya. Mau tahu lebih detail tentang ASI Booster Tea? Silahkan baca informasi produk yang sudah membantu saya dan istri saya ini di halaman HOME pada website pelancar ASI alami ini, atau bisa langsung menghubungi SMS / WA 0817 031 69 003.

Demikian tutorial cara memperbanyak ASI ini saya tulis, mudah - mudahan tulisan sederhana ini bisa memberikan Anda inspirasi dan juga manfaat.

Bagikan artikel ini untuk temanmu...!

3 cara memperbanyak ASI paling cepat namun mudah diterapkan